Persekutuan Pemuda Kristen Indonesia di Adelaide (Australia Selatan)

Persekutuan Pemuda Kristen Indonesia di Adelaide berdiri sekitar 8/9 tahun yang lalu. Pesekutuan ini bermula dari sebuah kelompok kecil yang diadakan oleh beberapa mahasiswa yang terbeban untuk membentuk suatu wadah untuk memuji DIA khususnya bagi pemuda Kristen Indonesia yang berada di Adelaide. Pada mulanya persekutuan ini diadakan setiap 1 bulan sekali.

Pada perkembangan selanjutnya , dengan penyertaan dari DIA akhirnya kelompok kecil ini berkembang menjadi sebuah persekutuan yang anggotanya semakin hari semakin bertambah banyak sehingga pada akhirnya persekutan ini diadakan 1 minggu sekali. Persekutuan Pemuda Kristen Indonesia di Adelaide adalah satu-satunya wadah Persekutuan Pemuda Kristen Indonesia di Australia Selatan.

Persekutuan Pemuda Kristen Indonesia di Adelaide berada di bawah naungan daripada PERKRINDAS. PERKRINDAS (Persekutuan Kristen Indonesia di Australia Selatan) merupakan suatu wadah persekutuan untuk seluruh orang -orang Kristen Indonesia di Australia Selatan. Perlu diketahui bahwa PERKRINDAS adalah suatu persekutuan yang non denominasi yang mengundang semua warga negara Indonesia di Australia Selatan untuk bersekutu dan memuji Tuhan bersama-sama.

Dasar dan tujuan mula-mula daripada Persekutuan Pemuda ini adalah untuk memperkuat iman kekristenan dan mempereratkan tali persaudaraan di kalangan para pemuda Kristen Indonesia yang berada di Adelaide. Pada perkembangan selanjutnya , tujuan daripada Persekutuan ini bertambah yaitu juga untuk lebih membekali dan mempersiapkan para pemuda pelajar Indonesia di Adelaide dengan Firman Allah agar dapat menjadi saluran berkat dan saksi Kristus dimanapun mereka berada khususnya waktu mereka kembali ke Indonesia.

Keanggotan dari persekutuan ini sangat bervariasi di dalam segi umur, pendidikan, maupun daerah asal di Indonesia dan juga adalah sebuah persekutuan yang non-denominasi. Meskipun dengan adanya latar belakang yang berbeda, kami benar-benar sangat merasakan kasih setia Tuhan yang begitu nyata sehingga dapat menyatukan kami semua dalam persekutuan ini. Kasih setiaNya yang begitu besar telah diberikan kepada kami semua sehingga kami dapat bersekutu, memuji dan menyembah nama Dia bersama-sama setiap minggu.

Adapun 3 kegiatan utama daripada Perekutuan Pemuda Indonesia di Adelaide adalah:

  1. Kebaktian pemuda yang diadakan pada setiap hari sabtu, pukul 15.00 (waktu setempat) bertempat di Holy Trinity Church, North Terrace, Adelaide.
  2. Doa puasa yang diadakan pada setiap hari Jumat, pukul 17.30 (waktu setempat) bertempat di AACC ( second floor ), 123 Waymouth Street,Adelaide.
    Perlu diketahui bahwa pada mulanya kegiatan doa-puasa diadakan hanya untuk pengurus persekutan saja. Tetapi akhirnya berkembang menjadi lebih luas yaitu juga untuk setiap orang Kristen Indonesia yang berada di Adelaide yang terbeban untuk berdoa bersama-sama.
  3. Camp Pemuda yang diadakan setiap tahun.
    Tujuan daripada kegiatan ini adalah untuk lebih mendekatkan diri kepada KRISTUS, membangun iman dan juga untuk membawa jiwa-jiwa baru untuk lebih mengenal KRISTUS dan rindu bersektu denganNya.
    Camp Pemuda diadakan pertama kali pada April 1993. Selanjutnya (sejak tahun 1995) diadakan pada bulan September atau Oktober.

Selain kegiatan-kegiatan utama, juga diadakan kegiatan-kegitan yang lain seperti Vocal Group, natal bersama , meninjau persekutuan Pemuda Kristen yang lain, BBQ party, dan sebagainya. Kegiatan ini juga telah menjadi kesaksian bagi banyak orang Indonesia ( Kristen dan Non Kristen ) dan masyarakat sekitar yang berada di Adelaide.
Sebagai salah satu wujud nyata daripada pelayanan Pemuda Indonesia di Adelaide adalah dengan ikut serta dalam bentuk vocal group di dalam acara nasional ( 17 Agustus, Hari Kartini, dsb), perkunjungan ke gereja/ persekutan lain , Multicultural night (diadakan setiap tahun), dan sebagainya.

Pada akhirnya kami berharap bahwa persekutuan Pemuda Kristen Indonesia di Australia Selatan dapat menjadi berkat bagi sesama dan kami rindu mengundang saudara-saudara yang sedang bekunjung ke Australia Selatan khususnya di Adelaide untuk turut bersekutu dengan kami untuk memuji dan menyembah Tuhan di dalam kesatuan hati dan iman.

Salam dalam kasih Kristus, Persekutuan Pemuda Kristen Indonesia di Adelaide (Australia Selatan).