tentang sedotlemak

Teknik liposuction (sedotlemak) yang paling aman  dan hasil maksimal
Kembali ke INDEX

       PertanyaanSering SebelumSedotLemak WaktuOperasi SetelahOperasi Memilih DOKTER Pasien Ideal  INJEKSI LEMAK Komplikasi

Memerangi Kegemukan

 Istilah Medis

Hit Counter

Launching 27March2001

SETELAH OPERASI

Olahraga baru boleh dilakukan setelah 2 minggu.

Setelah operasi , anda perlu istirahat dan mengurangi aktivitas selama beberapa jam. Daerah yang baru saja di sedotlemak , akan di balut dengan korset/ plaster elastis . Kemungkinan yang terjadi:

1.Dari lubang kanula keluar cairan bercampur sedikit darah. Hal ini adalah wajar dan umum terjadi , biasanya akan berhenti setelah 6-8 jam

2.Pusing setelah operasi , bisa terjadi 6-8jam setelah operasi, disebabkan karena lidokain yang lekat di jaringan  mulai terlepas dan masuk ke dalam peredaran darah.  Hal ini sangat jarang terjadi dan hanya terjadi bilamana menggunakan cairan tumesen dalam jumlah sagat besar atau pasien kurang minum. Dengan banyak minum, kadar lidokain dalam darah akan cepat menurun, karena dibuang secara cepat  lewat ginjal (airseni)

Selain dari kedua hal tersebut diatas masih ada beberapa kemungkinan

  KOMPLIKASI:

1.Infeksi merupakan risiko setiap operasi. Bilamana operasi dilakukan secara steril, kemungkinan infeksi adalah nol. Keluhan pasien ada tanda-tanda infeksi 2-3 hari  setelah operasi (nyeri, panas, bengkak, dsb)

2.Kulit tidak rata/ bergelombang. Baru dapat dinilai 2 bulan setelah operasi sedotlemak, bisa disebabkan karena pekerjaan dokter kurang rapi atau proses penyembuhan yang tidak merata pada tubuh pasien sendiri.

3.Emboli Paru-paru: sangat teramat jarang, apalagi dengan bius lokal tumesen. Dapat terjadi pada setiap operasi/ lama tidur/ lama duduk tanpa bergerak (misalnya di pesawat udara). Terjadi karena ada bekuan darah (biasa dari tungkai/kaki) yang tiba-tiba terlepas dan menyangkut di paru-paru.Bekuan darah ini disebut sebagai penyakit Deep Vein Thrombosis (DVT) .  Gejalanya  adalah pasien merasa sesak 1-3 hari setelah pembedahan.  Keadaan ini emergensi , pasien harus segera dibawa ke rumahsakit. Mencegahnya: setelah operasi pasien harus bergerak, tidak boleh tiduran terus dan banyak minum.